Evaluasi SDGs

Evaluasi SDGs

SDGs Trenggalek - Sustainable Development Goals (SDGs) merupakan agenda internasional yang menjadi kelanjutan dari Tujuan Pembangunan Milenium Development Goals (MDGs) untuk menjawab tuntutan kepemimpinan dunia dalam mengatasi kemiskinan, kesenjangan dan perubahan iklim dalam bentuk aksi nyata yang terdiri dari 17 tujuan global. Pemerintah Kabupaten Trenggalek telah menyusun Rencana Aksi Daerah (RAD) pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) pada Tahun 2018 dan perlu melakukan monitoring dan evaluasi hasil pelaksanaan program yang tertuang dalam RAD TPB.



Menindaklanjuti hal tersebut, Pada Senin (4/11/2019) Bappedalitbang melalui Bidang Perencanaan Bidang Sosial Budaya dan Pemerintahan menyelenggarakan rapat ”Pembahasan Laporan Akhir Penyusunan Dokumen Evaluasi Pelaksanaan Sustainable Development Goal’s (SDGs) Kabupaten Trenggalek Tahun 2018” di Ruang Nakula Sadewa. Turut hadir dalam rapat ini diantaranya Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kab. Trenggalek, Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kab. Trenggalek. Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kab. Trenggalek, Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kab. Trenggalek, Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Kab. Trenggalek, Dinas Pertanian dan Pangan Kab. Trenggalek, dan Dinas Perikanan Kab. Trenggalek.



Rapat dipimpin oleh Kepala Bidang Perencanaan Sosial, Budaya dan Pemerintahan BAPPEDALITBANG Akbar Novianto Hadaning Putra, S.Pi., M.Si. dan didampingi oleh Konsultan.  Kabupaten Trenggalek pada tahun ini pertama kalinya melaksanakan evaluasi capaian pelaksanaan SDGs. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa rata-rata capaian SDGs Kabupaten Trenggalek sudah lebih dari 70%, bahkan ada yang mencapai 100%. Hal tersebut merupakan capaian yang luar biasa atas komitmen dalam melaksanakan program pembangunan berkelanjutan demi kesejahteraan masyarakat. Terdapat 2 (dua) tujuan progres capaiannya perlu klarifikasi kembali karena merupakan kewenangan Pemerintah Provinsi, yakni Tujuan 7 dan Tujuan 14. Terkait Tujuan 7 masih belum dilaksanakan oleh Pemerintah Kab. Trenggalek sedangkan Tujuan 14 menjadi kewenangan penuh Pemerintah Provinsi dalam pengelolaan sumber daya air laut dan samudera.



Konsultan menyampaikan bahwa tidak banyak Kabupaten/Kota di Indonesia ini yang sangat concern mengevaluasi capaian SDGs. Trenggalek adalah Kabupaten pelopor pencapaian SDGs. Hasil evaluasi ini akan didokumentasikan dalam bentuk jurnal atau bulletin yang berisi infografis capaian-capaian pembangunan daerah.



Di akhir sesi, semua peserta rapat memberikan berbagai tanggapan, kritik, saran, maupun masukan demi penyempurnaan laporan evaluasi ini.  



#ilovetrenggalek



#trenggalekhits



#trenggalekmeroket



#sekretariatsdgstrenggalek 


Tanggal:04 November 2019
Tempat:Bappedalitbang Kab. Trenggalek
Pukul:13.00
CUACA HARI INI
Trenggalek
01 Jan 1970 | 07:00 WIB
0°C
Tekanan: 0 hPa
Indeks UV: 0
Kelembaban: 0%
Kecepatan Angin: km/h
AGENDA
GALERI FOTO