Musrena Keren, Upaya Wujudkan Impian Trenggalek Lebih Inklusif dan Responsif Gender

Musrena Keren, Upaya Wujudkan Impian Trenggalek Lebih Inklusif dan Responsif Gender


SDGs Trenggalek - Menuju pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Trenggalek 2020, Badan Perencanaan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kabupaten Trenggalek menggelar Musyawarah Perempuan, Anak, Disabilitas, dan Kelompok Rentan Lainnya (Musrena Keren). 



Digelar di Pendapa Manggala Praja Nugraha, musyawarah ini diperuntukkan khusus menggali aspirasi para perempuan, anak, penyandang disabilitas, dan kelompok rentan yang mungkin belum tersampaikan di proses musrenbang. Sebelum dibuka Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin, Musrena Keren sebelumnya juga telah dilaksanakan di setiap kecamatan se-Kabupaten Trenggalek. 



Program Manager KOMPAK Provinsi Jawa Timur Agus Sarwo Edi mengapresiasi Musrena Keren Trenggalek yang menurutnya benar-benar keren. Karena dari demografi penduduk di Indonesia lebih banyak perempuan, di antaranya juga anak-anak dan penyandang disabilitas yang mereka semua punya permasalahan yang harus diakomodasi dalam perencanaan pembangunan. "Ketika di kota daerah lain masih membicarakan masalah-masalah ini, Trenggalek sudah melangkah mencari solusi," ucap Agus Sarwo Edi. 



Dia melanjutkan, setelah pelantikan kades dengan pemilihan serentak di 2019 lalu, KOMPAK mendampingi 126 desa di Trenggalek untuk merumuskan RPJMDes yang lebih inklusif. Yakni dengan memperhatikan hak anak, perempuan, dan penyandang disabilitas dalam perencanaan pembangunan di desa. 



Sementara itu, Bupati Trenggalek Mochammad Nur Arifin menyampaikan, Musrena Keren merupakan satu langkah upaya untuk mewujudkan impian Trenggalek yang lebih inklusif. Dia menguraikan berbagai kekurangan pemenuhan hak baik untuk anak, perempuan, dan penyandang disabilitas. Mulai dari pendidikan termasuk transportasi pendukungnya, juga fasilitas umum sehingga untuk pembangunan infrastruktur harus responsif terhadap kebutuhan perempuan dan disabilitas. 



"Kita lihat pembangunan untuk alun-alun habis berapa miliar. Memang benar ada pintu masuk khusus untuk penyandang disabilitas, tapi begitu masuk, kondisi di dalam alun-alun naik turun, jalan becek ini menyulitkan. Untuk toilet umum juga jangan hanya bagi laki-laki dan perempuan, tapi juga bagi penyandang disabilitas dipermudah aksesnya. Saya ingin di 2021 nanti pembangunan kita responsif anak, perempuan, dan penyandang disabilitas," tegas bupati.



Pada kesempatan kemarin juga diberikan penghargaan Musrena Keren Award bagi gender champion bidang pendidikan, pemberdayaan perempuan, pelayanan publik, kesehatan, lingkungan, pemberdayaan disabilitas, literasi gender, dan bidang sosial. Juga penghargaan bagi empat kecamatan penyelenggara Musrena Keren terbaik, yaitu Kecamatan Tugu, Dongko, Bendungan, dan Munjungan. 



Pada acara tersebut, para hadirin pun bisa sekaligus menambah wawasan. Karena kemarin juga digelar diakusi panel dengan narasumber Ridho Jusmadi, SH, MH, selaku Direktur JPIP; Ketua Tim Penggerak PKK Trenggalek Novita Hardini, SE; dan aktivis disabilitas, Iwan Dwi Kristanto. Acara juga meriah dengan hadirnya Dany Aditya, penyandang disabilitas yang menampilkan stand up comedy. Untuk mewujudkan kota ramah anak untuk jurnalisme, berlangsung juga penandatanganan komitmen ramah anak oleh para jurnalis. 



Akhirnya, setelah dibuka bupati, Musrena Keren berlangsung, sidang diskusi dibagi dalam tiga kelompok. Yaitu kelompok perempuan, anak, serta penyandang disabilitas dan rentan. Dilanjutkan pleno merumuskan isu-isu yang akan diusulkan dalam Musrenbang Kabupaten Trenggalek 2020, yang akan segera diselenggarakan pada Maret ini.



#ilovetrenggalek



#trenggalekhits



#trenggalekmeroket



#sekretariatsdgstrenggalek



#sdgstrenggalek



#musrenakeren2020



#trenggalekinklusi



#trenggalekresponsifgender


Tanggal:12 Maret 2020
Tempat:Pendhapa Manggala Praja Nugraha
Pukul:08.00
CUACA HARI INI
Trenggalek
24 Jan 2022 | 08:43 WIB
28.5°C
Lembab Dan Berawan
Tekanan: 1008.7 hPa
Indeks UV: 5
Kelembaban: 79%
Kecepatan Angin: 8.82 km/h
AGENDA
GALERI FOTO