Bappedalitbang Persiapkan Penyusunan Rantek RPJMD 2021-2025

SDGs Trenggalek – Menjelang berakhirnya masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Trenggalek Periode 2016-2021, akan diselenggarakan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020. Kabupaten Trenggalek merupakan salah satu daerah yang akan ikut merayakan pesta demokrasi tersebut.

Bappedalitbang sebagai leading sector perencanaan pembangunan daerah saat ini tengah mempersiapkan penyusunan RPJMD Kabupaten Trenggalek Tahun 2021-2025 sebagai dokumen perencanaan pembangunan daerah untuk periode kedepan. Sesuai dengan Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 Pasal 41 disebutkan bahwa persiapan penyusunan RPJMD salah satunya meliputi penyusunan rancangan teknokratik RPJMD.

 

Menindaklanjuti amanat tersebut, Bappedalitbang Kab. Trenggalek menyelenggarakan rapat “Persiapan Verifikasi Rancangan Teknokratik RPJMD” di Ruang Rapat Arjuna, Selasa (22/09/2020). Rapat yang dipimpin oleh Plt. Kepala Bappedalitbang, Anik Suwarni, S.H., M. Si., ini dihadiri oleh para perencana 40 Perangkat Daerah se-Kabupaten Trenggalek.

 

Selain membahas rancangan teknokratik RPJMD, juga disinggung mengenai penyusunan perubahan RKPD, Perubahan Renja, KUA-PPAS dan Perubahan APBD tahun 2020; penyusunan RKPD, Renja, KUA-PPAS, dan APBD Tahun 2021; dan Pemanfaatan SIMDA Integrated dan SIPD.

Terkait rancangan tekonokratik, Akbar Novianto Hadaning Putra, S.Pi., M.Si., selaku Kabid. Perencanaan Sosial, Budaya dan Pemerintahan dalam paparannya, menyampaikan bahwa rancangan teknokratik yang akan disusun ini terdiri dari 7 Bab. Didalam Permendagri 86/2017 disebutkan bahwa rancangan teknokratik RPJMD disusun minimal terdiri atas 4 Bab. Penyusunan rancangan teknokratik RPJMD mengacu pada isu strategis, tujuan dan sasaran pembangunan daerah.

 

Terkait isu strategis dalam rancangan teknokratik ini akan mengacu pada SDGs, dimana terdapat 5 agenda prioritas yang akan menjadi rumusan kedepannya. Kemudian dalam menindaklanjuti hasil konsultasi dan audiensi di Kemendagri terkait pemanfaataan SIPD beberapa waktu lalu, Akbar mengatakan bahwa rencananya akan diadakan bimbingan teknis pemanfaatan SIPD sebagai proses penyesuaian dengan sistem yang baru dalam waktu dekat..

 

#ilovetrenggalek

#trenggalekhits

#trenggalekmeroket

#trenggaleksouthernparadise

#sekretariatsdgstrenggalek

#sdgstrenggalek

#newnormal

#pandemicovid19

#protokolkesehatan

#rpjmd20212025

#rancanganteknokratikrpjmd

#rantekrpjmd

Komentar via Website : 0

Formulir komentar:

Komentar:

CUACA HARI INI
Trenggalek
01 Jan 1970 | 07:00 WIB
0°C
Tekanan: 0 hPa
Indeks UV: 0
Kelembaban: 0%
Kecepatan Angin: km/h
AGENDA
GALERI FOTO