Evaluasi Capaian Target Indikator Pelaksanaan Program Kabupaten/Kota Sehat Tahun 2020

Halaman Bappedalitbang Kabupaten Trenggalek

SDGs Trenggalek – Kamis (06/08/2020), Tim Pembina Kabupaten/Kota Sehat Kab. Trenggalek menggelar rapat koordinasi bersama Forum Trenggalek Sehat. Rapat ini membahas 2 hal penting yaitu evaluasi capaian target indikator pelaksanaan Program Kabupaten/Kota Sehat Tahun 2020 dan persiapan verifikasi Kabupaten/Kota Sehat Tahun 2020 oleh Tim Pembina Kab./Kota Sehat Provinsi Jawa Timur. Rapat ini dilaksanakan di halaman Bappedalitbang dengan mematuhi protokol kesehatan COVID-19.

 

Kabid. Perencanaan Sosial, Budaya dan Pemerintahan, Akbar Novianto Hadaning Putra, S.Pi., M.Si., Kabid. Perencanaan Sosial, Budaya dan Pemerintahan Bappedalitbang selaku pimpinan rapat menyampaikan bahwa pada rapat koordinasi ke-3 Tim Pembina dan Forum Trenggalek Sehat tahun 2020 ini terdapat beberapa isu kesehatan seperti penanganan stunting, upaya penurunan Angka Kematian Ibu (AKI) dan upaya pencegahan dan penanganan COVID-19.

 

Dalam rapat tersebut juga dibahas persiapan penyusunan laporan Pelaksanaan Program Kab./Kota Sehat tahun 2020 yang akan dikirim ke Tim Pembina Kab./Kota Sehat Provinsi Jawa Timur. Penyusunan laporan tersebut sebagai bentuk tindak lanjut Surat dari Kementerian Kesehatan RI dan Bappeda Provinsi Jawa Timur. Ketua Forum Trenggalek Sehat, Penny Sugiarti, S.Sos menjelaskan bahwa dalam hasil pertemuan ASOKA (Asosiasi Forum Kab./Kota Sehat) se-Jawa Timur, tidak ada verifikasi lapanga ke Kab./Kota oleh Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur di tahun 2020 ini. Verifikasi lapangan akan dilakukan di tahun 2021 oleh Pemerintah Pusat terkait laporan perkembangan dan kegiatan yang sudah dilakukan. Beliau berharap adanya sosialisasi dengan forum Kabupaten/Kota Sehat tingkat kecamatan terkait upaya menggerakkan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan dan perilaku hidup sehat. Selain itu diperlukan komiten bersama untuk melaksanakan semua tatanan dengan tatanan baru meskipun belum ada indicator.

 

Pihak Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana mengungkapkan dari 10 tatanan, masing-masing tatanan ada kolaborasi Perangkat Daerah lintas sectoral. Ditargetkan penyusunan Laporan Pelaksanaan Program Kab./Kota Sehat tahun 2020 sudah selesai pada akhir Agustus 2020 dan dikirim ke Pemprov. Jawa Timur.

 

Pemerintah Kabupaten Trenggalek sangat optimis dapat mempertahankan predikat Swasti Saba Wistara dan mendapatkan predikat Kabupaten STBM tahun 2025 dengan melihat perkembangan kondisi yang ada saat ini. Kontribusi dari seluruh elemen masyarakat sangat dibutuhkan terutama dari Forum Trenggalek Sehat yang mana merupakan representasi dari masyarakat Kabupaten Trenggalek.

 

Mengakhiri acara rapat koordinasi, pimpinan rapat menyampaikan akan segera menindaklanjuti pertemuan tersebut dengan mengadakan desk bersama OPD terkait tatanan Kabupaten Sehat untuk verifikasi data indicator tatanan. 

 

#ilovetrenggalek

#trenggalekhits

#trenggalekmeroket

#trenggaleksouthernparadise

#sekretariatsdgstrenggalek

#sdgstrenggalek

#bersatulawancovid19

#newnormal

#kabupatenkotasehat

#trenggaleksehat

#forumtrenggaleksehat

#bebasstunting

#kabupatenstbm

Komentar via Website : 0

Formulir komentar:

Komentar:

CUACA HARI INI
Trenggalek
01 Jan 1970 | 07:00 WIB
0°C
Tekanan: 0 hPa
Indeks UV: 0
Kelembaban: 0%
Kecepatan Angin: km/h
AGENDA
GALERI FOTO