Gelar Konsultasi Penyusunan RPJMD 2021-2025 dan RKPD 2022

SDGs Trenggalek – Dengan terpilihnya Bupati dan Wakil Bupati dalam Pilkada tahun ini, Pemkab Trenggalek harus menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2021-2025. Karena itu, Selasa (08/12/2020), Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (Bappedalitbang) Trenggalek menggelar Konsultasi Penyusunan RPJMD Kabupaten Trenggalek Tahun 2021-2025 dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Trenggalek Tahun 2022. 

Kegiatan berlangsung di Ruang Rapat Bappedalitbang Trenggalek dengan menghadirkan Bob Sadana selaku Kasubdit Perencanaan dan Evaluasi Wilayah 2 Ditjen Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri. Kegiatan lewat Zoom Meeting tersebut diikuti semua pejabat struktural Bapeddalitbang, Inspektur inspektorat, pejabat Bakeuda, dan seluruh pejabat perencana/pengelola setiap organisasi perangkat daerah (OPD).

 

“Kami ingin memperjelas bersama-sama berkonsultasi bersama Bangda Kemendagri, yang intinya memandu kami dalam penyusunan RPJMD 2021-2025 dan RKPD 2022. Kami melaksanakan hal ini sejak awal karena Rancangan Teknokratik (Rantek) RPJMD harus sudah kami siapkan. Sekarang kami sudah dalam rangka menyiapkan itu. Nanti Bupati dan Wabup terpilih akan memasukkan visi dan misi mereka dalam Rantek yang akan menjadi rancanagan awal RPJMD, dan akan berproses terus sesuai peraturan perundangan,” ucap Plt. Kepala Bappedalitbang Trenggalek, Anik Suwarni S.H., M.Si.

 

Karena tahun ini merupakan tahun terakhir atau tahun transisi, lanjut Anik, maka pada tahun ini juga pemkab mempersiapkan aturan-aturan terkait dengan perencanaan, antara lain Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) dan Rencana Strategis (Renstra) OPD.

 

Nah, Renstra OPD, RKPD, dan Renja OPD, semua harus bersinergi dan sinkron dengan RPJMD. RPJMD mana? Nanti akan ada penjelasan lagi apa sih yang harus kita siapkan saat ini. Data-data apa, hasil-hasil evaluasi kemarin, akan menjadi bahan bagi para perencana menyusunan Renstra OPD. Saat ini mereka juga bersiap untuk penyusunan renstra OPD, bareng kita juga menyiapkan rancangan RPJMD. Artinya, supaya bersinergi, nanti penetapannya waktunya tidak terlalu berbeda,” lanjut Anik.

 

Setelah kegiatan tersebut, selanjutnya dilakukan juga rapat bersama para pimpinan OPD. Dengan telah disiapkan data, bahan evaluasi dan data yang dibutuhkan dalam perencanaan, kemudian kepala OPD akan dihadirkan untuk memahami bagaimana proses penyusunan RPJMD, Renstra OPD, RKPD tahunan, dan Renja OPD.

 

Selain itu, dinamika dalam peraturan perundang-undangan sehingga dilaksanakanlah gelar konsultasi. Seperti contohnya saat ini sedang menyusun bersamaan dengan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) yang akan menjaga konsistensi Sustainable Development Goals (SDGs). “Dengan ratusan indikator dan 17 tujuan di dalamnya, kami akomodasi sebagai bahan penyusunan RPJMD, supaya RPJMD kami memperhatikan hal itu,” ucap Anik.

 

#ilovetrenggalek

#trenggalekhits

#trenggalekmeroket

#trenggaleksouthernparadise

#sekretariatsdgstrenggalek

#sdgstrenggalek

#newnormal

#pandemicovid19

#protokolkesehatan

#rpjmd20212025

#rancanganteknokratikrpjmd

#rantekrpjmd

Komentar via Website : 0

Formulir komentar:

Komentar:

CUACA HARI INI
Trenggalek
03 Dec 2021 | 08:39 WIB
28.6°C
Lembab Dan Berawan Besar
Tekanan: 1012.7 hPa
Indeks UV: 5
Kelembaban: 77%
Kecepatan Angin: 4.47 km/h
AGENDA
GALERI FOTO