Pembahasan Laporan Akhir Penyusunan FS RSUD Watulimo

Ruang Arjuna Bappedalitbang

SDGs Trenggalek – Sebelumnya telah dilaksanakan penyampaian laporan pendahuluan penyusunan FS RSUD Watulimo dimana kegiatan tersebut berfokus pada kelas rumah sakit, luas lahan yang dibutuhkan, dan analisis alternatif lokasi serta mengacu pada Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 24 Tahun 2016. Selanjutnya konsultan melakukan survey lokasi secara langsung dan kajian/analisis lebih lanjut.

 

Menindaklanjuti hasil tersebut, Bappedalitbang Kabupaten Trenggalek kembali memfasilitasi “Pembahasan Laporan Akhir Penyusunan FS RSUD Watulimo” di Ruang Rapat Arjuna Bappedalitbang, Rabu (19/08/2020). Kegiatan dipimpin oleh Kepala Bappedalitbang, drg. Unung Isnaeni Diah, M.M. Turut hadir dalam pembahasan tersebut antara lain Dinas Kesehatan PPKB, RSUD dr. Soedomo, Bakeuda, Dinas PUPR, Camat Watulimo dan Pejabat Eselon III lingkup Bappedalitbang.

 

Pimpinan rapat, drg. Unung Isnaeni Diah, M.M. dalam memberikan sambutan menegaskan bahwa penyusunan FS RSUD Watulimo ini sebagai tindak lanjut Perpres 80/2019. Amanat tersebut harus dikawal dan salah satunya adalah pembangunan RSUD Watulimo. Didalam rapat ini diperlukan berbagai masukan dan saran untuk penyempurnaan laporan akhir ini sehingga nantinya bisa mengcover kebutuhan pelayanan kesehatan masyarakat. Penyusunan FS RSUD Watulimo ini beliau harapkan dapat memberikan masukan rencana pembangunan RSUD Watulimo terkait kelas rumah sakit maupun calon lokasi pembangunan rumah sakit.

 

Konsultan dalam paparannya menjelaskan bahwa RSUD Watulimo direncanakan sebagai rumah sakit umum Kelas C yang memiliki layanan unggulan berupa layanan Instalasi Gawat Darurat (IGD) yang dilengkapi dengan Accute and Trauma Services Center. Layanan unggulan yang akan dikembangkan di RSUD Watulimo ini didasarkan pada rencana lokasi RSUD Watulimo yang terletak dekat dengan kawasan wisata dan JLS/ Pansela sehingga harus mampu menangani kasus emergency.

 

Terkait calon lokasi pembangunan RSUD Watulimo terdapat 5 (lima) alternatif lokasi dimana masing-masing lokasi memiliki kelebihan dan kekurangan. Setelah dilakukan skoring dan pembobotan berdasarkan beberapa aspek, menghasilkan 3 (tiga) prioritas lokasi terpilih.

 

Beliau juga menyampaikan hasil dan kesimpulan penyusunan FS tersebut antara lain:

a.    Hasil analisa situasi aspek eksternal dan aspek internal è secara keseluruhan MENDUKUNG adanya rencana Pembangunan RSUD Watulimo. Sehingga rencana Pembangunan RSUD Watulimo LAYAK untuk dibangun, dengan tujuan untuk mempermudah akses pelayanan kesehatan khusunya untuk Kec. Watulimo, Munjungan dan Kampak;

b.    Dengan mempertimbangkan kondisi demografi wilayah sekitar dan rencana kebutuhan, RSUD Watulimo direncanakan sebagai RUMAH SAKIT UMUM KELAS C, agar dapat menampung kebutuhan hingga 20 tahun mendatang dengan daya tampung sebesar 130 TT dengan layanan unggulan berupa layanan Instalasi Gawat Darurat (IGD) yang dilengkapi dengan Accute and Trauma Services Center;

c.    Dengan melihat pola epidemiologi, maka poli yang diperlukan adalah Medik Umum (Pelayanan medik dasar rawat jalan dan Pelayanan KIA/KB), Medis Spesialis Dasar (Penyakit dalam, Anak, Bedah, serta Obstetri dan Ginekologi) dan Medis Spesialis lain (Paru, Saraf, serta Jantung dan Pembuluh Darah;

d.    Perhitungan perkiraan kebutuhan total luas lantai bangunan untuk rumah sakit umum kelas C adalah seluas 7.800 m2, dengan luas lahan diperkirakan seluas 11.700 m2 (1 lantai), dan 15.600 m2 (2 lantai);

e.    Lokasi terpilih prioritas pertama adalah Lokasi E, yang berlokasi di Desa Tasikmadu dengan luas lahan sebesar 19.221 m2 dan merupakan lahan aset PEMKAB Trenggalek.

 

Sebagai tindak lanjut dari penyusunan FS RSUD Watulimo, perlu ditambahkan analisa kelayakan ekonomi (BEP, NPV, IRR dan BCR), perencanaan sistem persampahan dan limbah B3, dan masterplan RS Watulimo. Selain itu mengingat lokasi terpilih adalah lokasi E yang ditempati oleh 127 KK, maka perlu alokasi waktu tambahan, untuk pembebasan lahan dan negosiasi dengan penduduk sekitar.

 

#ilovetrenggalek

#trenggalekhits

#trenggalekmeroket

#trenggaleksouthernparadise

#sekretariatsdgstrenggalek

#sdgstrenggalek

#bersatulawancovid19

#newnormal

#watulimo

#rsudwatulimo

Komentar via Website : 0

Formulir komentar:

Komentar:

CUACA HARI INI
Trenggalek
01 Jan 1970 | 07:00 WIB
0°C
Tekanan: 0 hPa
Indeks UV: 0
Kelembaban: 0%
Kecepatan Angin: km/h
AGENDA
GALERI FOTO