Pemkab Trenggalek Siapkan Strategi Pencegahan dan Penanganan COVID-19 Tahun 2021

Ruang Arjuna Bappedalitbang

SDGs Trenggalek – Proses perencanaan dan penganggaran tahun 2021 masih terus berjalan Di masa pandemi COVID-19, berbagai upaya strategi dan kebijakan telah dilakukan dalam rangka penanggulangan COVID-19. Hingga saat ini, kasus COVID-19 masih belum menunjukkan tren penurunan, dimana hal ini berpengaruh terhadap perencanaan pembangunan daerah tahun 2021. Diperlukan sinergitas dan kolaborasi antar Perangkat Daerah untuk penanganan COVID-19 dan pemulihan ekonomi.

 

Oleh karena itu, Rabu, (3/9/2020), Bappedalitbang menyelenggarakan rapat “Pembahasan Strategi Pencegahan dan Penanganan COVID-19 Tahun 2021” di Ruang Rapat Arjuna. Rapat yang dipimpin oleh Plt. Kepala Bappedalitbang, Anik Suwarni, S.H., M.Si. ini menghadirkan beberapa OPD teknis antara lain Dinas Pertapan, Dinas PMD, Dinas Komidag, Kantor Kesbangpol, Dinas Perikanan, Dinas Perinaker, Dinas PUPR, Dinas Dukcapil, Dinas Kominfo, Dinas PMPTSP, BPBD, Dinas PKPLH, Dinas Parbud, Dinsos PPPA, Dinas Dikpora, Dinkes PPKB, RSUD dr. Soedomo, dan Satpol PPK.

 

Dalam sambutannya, Anik menyampaikan bahwa masyarakat masih banyak yang memiliki pemikiran bahwa COVID-19 bukanlah suatu masalah yang serius, sehingga pihak pemerintah harus saling bahu-membahu dalam upaya penanganan COVID-19 sesuai dengan tupoksi masing-masing. Dengan dikeluarkannya Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019, diperlukan upaya peningkatan penegakan disiplin dan sosialisasi kepada masyarakat terkait penerapan protokol kesehatan COVID-19.

 

Kabid. Perencanaan Sosial, Budaya dan Pemerintahan Bappedalitbang, Akbar Novianto Hadaning Putra, S.Pi., M.Si, menjelaskan bahwa Pemerintah Provinsi Jawa Timur telah menyusun strategi pemulihan ekonomi pasca COVID-19, dimana hal tersebut dapat dijadikan acuan dan referensi dalam penyusunan pencegahan dan penanganan COVID-19 di Tahun 2021. Strategi utama yaitu dengan menggerakkan kembali sektor UMKM, pariwisata dan investasi yang terbagi menjadi 8 aspek yaitu (1) Pembangunan Pariwisata; (2) Pemulihan Industri dan Perdagangan; (3) Akselerasi Investasi; (4) Pendalaman Sektor Keuangan; (5) Penguatan Ketahanan Pangan dan Gizi (Kesehatan); (6) Pemulihan Sektor UMKM; (7) Pembangunan Sumber Daya Manusia; dan (8) Perluasan Program Perlindungan Sosial.

 

OPD terkait perlu untuk memetakan program dan kegiatan yang mendukung upaya strategi pencegahan dan penanganan COVID-19 serta strategi pemulihan ekonomi tahun 2021, dimana pemetaan dilakukan berdasarkan Renja Perangkat Daerah tahun 2021.

 

Penyediaan APD di lingkup internal perkantoran dan bagi masyarakat menjadi suatu keharusan sebagai upaya pencegahan dan meminimalisir penularan COVID-19. Selain itu perlunya penyemprotan disinfektan di seluruh fasilitas umum/publik.

 

#ilovetrenggalek

#trenggalekhits

#trenggalekmeroket

#trenggaleksouthernparadise

#sekretariatsdgstrenggalek

#sdgstrenggalek

#covid19

#bersatulawancovid19

#newnormal

Komentar via Website : 0

Formulir komentar:

Komentar:

CUACA HARI INI
Trenggalek
01 Jan 1970 | 07:00 WIB
0°C
Tekanan: 0 hPa
Indeks UV: 0
Kelembaban: 0%
Kecepatan Angin: km/h
AGENDA
GALERI FOTO