Rakor Evaluasi Pelaksanaan PUG dan KLA Tahun 2020

SDGs Trenggalek – Rabu (21/10/2020), Bappedalitbang Kab. Trenggalek menyelenggarakan rapat Rapat Koordinasi dan Evaluasi Pelaksanaan Program Pengarusutamaan Gender (PUG) dan KLA Kabupaten Trenggalek Tahun 2020, bertempat di Ruang Rapat Arjuna. Rapat ini dipimpin oleh Plt. Kepala Bappedalitbang Anik Suwarni, S.H., M.Si. dengan didampingi oleh Kepala Dinas Sosial P3A, dr. Ratna Sulistyowati, M.Kes. dan Kabid. Perencanaan Sosial, Budaya dan Pemerintahan, Akbar Novianto Hadaning Putra, S.Pi., M.Si. Turut hadir dalam rapat yakni Inspektorat, Badan Keuangan Daerah, Dinas Kesehatan PPKB, Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro dan Perdagangan, Dinas Sosial P3A, Dinas Kependudukan dan Capil, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, RSUD dr. Soedomo, Badan Pusat Statistik dan Bagian Hukum Setda.

Dalam paparannya, Akbar Novianto Hadaning Putra, S.Pi., menyampaikan tentang kebijakan pembangunan responsif gender melalui evaluasi PUG di Kabupaten Trenggalek. Menurut data BPS saat ini, Indeks Pembangunan Gender (IPG) Jawa Timur berada dibawah nilai nasional, namun Kabupaten Trenggalek berada diatas nilai nasional yakni dengan nilai 92,74.

 

Beliau melanjutkan bahwa proses perencanaan di Kabupaten Trenggalek saat ini sudah melibatkan berbagai pihak termasuk kelompok rentan yang diwujudkan dalam pelaksanaan Musrena Keren (Musyarwarah Perempuan, Anak, Disabilitas dan Kelompok Rentan Lainnya).

 

Selain itu Kabupaten Trenggalek juga melakukan dukungan penyelenggaraan Sepeda Keren (Sekolah Perempuan, Disabilitas dan Kelompok Rentan); pelatihan kepemimpinan dan peningkatan kapasitas untuk BPD Perempuan; pelatihan, pendampingan dan pengembangan wirausaha baru perempuan; penyediaan nursery room/ruang ASI di seluruh tempat pelayanan publik; dukungan berfungsinya rumah perlindungan perempuan dan anak desa/kecamatan ;serta dukungan penguatan kelembagaan dan pemberdayaan organisasi wanita.

 

Meskipun begitu masih terdapat beberapa permasalahan terkait pemberdayaan perempuan yang kemudian dimasukkan sebagai isu strategis dalam Rancangan Teknokratik RPJMD.

 

#ilovetrenggalek

#trenggalekhits

#trenggalekmeroket

#trenggaleksouthernparadise

#sekretariatsdgstrenggalek

#sdgstrenggalek

#newnormal

#pandemicovid19

#protokolkesehatan

#pengarusutamaangender

#pug

#kla

#responsifgender

#musrenakeren

#sepedakeren

#inklusif

Komentar via Website : 0

Formulir komentar:

Komentar:

CUACA HARI INI
Trenggalek
01 Jan 1970 | 07:00 WIB
0°C
Tekanan: 0 hPa
Indeks UV: 0
Kelembaban: 0%
Kecepatan Angin: km/h
AGENDA
GALERI FOTO